11 Cara Mengatasi Keputihan Berlebih dan Gatal Secara Alami

Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami – Keputihan bisa dibilang merupakan sesuatu yang tidak asing bagi semua wanita. Karena mereka pasti sudah pernah mengalami yang namanya keputihan. Meskipun tidak masuk dalam kategori penyakit, tetapi mengalami keputihan memang menjadi sesuatu yang cukup menyebalkan bagi beberapa wanita, terutama jika keputihan berlebih dan menimbulkan rasa gatal yang luar biasa.

Keputihan ini memang pada umumnya muncul pada periode sebelum menstruasi maupun sesudah menstruasi. Sedangkan keputihan itu dapat muncul dengan berbagai karakter yang berebda-beda, seperti keputihan yang berwarna putih, penuh air, lebih lengket, berwarna hijau kekuningan, hinga keputihan yang menimbulkan bau tidak sedap. Keputihan ini bisa juga menjadi momok bagi wanita. Karena jika keputihan terjadi tidak normal, bisa- dikaitkan dengan beberapa penyakit wanita,misalkan penyakit kanker rahim (serviks), bakteri vaginosis, infeksi jamur, dan juga penyakit-penyakit lainnya.

Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Jadi jika keputihan yang Anda alami tidak berlebih dan tidak menimbulkan rasa gatal, tidak ada yang perlu dikhawatirkan oleh Anda. Namun jika keputihan berlebih, menimbulkan rasa gatal dan bau yang tidak sedap, maka Anda harus segera menemukan solusi untuk mengatasi keputihan yang tidak biasa tersbeut. Oleh sebab itu, disini sekarsehat.com akan menyajikan tips dan cara mengatasi keputihan berlebih dan gatal secara alami. Karena tentunya, dengan metode-metode yang menggunakan bahan alami ini, tidak ada efek samping yang harus Anda khawatirkan.

Cara Mengatasi Keputihan Berlebih dan Gatal Secara Alami

1. Daun Sirih

Cara alami mengatasi keputihan berlebih yang pertama, adalah dengan menggunakan daun sirih. Sebenarnya sudah banyak tersedia sabun sirih dipasaran yang dapat Anda beli. Namun jika Anda ingin mencoba langsung menggunakan daun siri, berikut ini adalah caranya.

  • Ambil beberapa lembar daun siri.
  • Rendam daun siri tersebut ke dalam air kurang lebih selama 2 jam.
  • Gunakan air rendaman daun sirih tersebut untuk membersihkan bagian kewanitaan Anda.

2. Bawang Putih

Sejak dahulu, bawang putih sudah dipercaya dapat mengobati keputihan secara alami. beerikut ini adalah caranya.

  • Siapkan satu siung bawang putih, lalu potong menjadi 2 bagian.
  • Letakkan bawnag putih yang sudah dipotong tersebut di atas bagian kewanitaan.
  • Lakukan hal tersebut sebelum Anda tidur hingga pagi hari.

3. Akar Bayam

Sifat anti bakteri yang terkandung pada akar bayam, ternyata bergungsi untuk mengatasi keputihan yang tidak normal, seperti keputihan berlebih, keputihan gatal, dna juga keputihan yang bau.

  • Siapkan beberapa akar bayam, lalu blender akar bayam hingga menjadi jus.
  • Minum jus akar bayam tersebut.,
  • Lakukan cara tersebut 2 kali sehari untuk mengobati keputihan.

4. Biji Ketumbar

Siapa sangka biji ketumbar juga berguna untuk menghilangkan dan mengobati keputihan berlebih.

  • Siapkan biji ketumbar secukupnya.
  • Rendam biji ketumbar didalam air hingga keesokan harinya.
  • Minum air rendaman biji ketumbar tersebut di pagi hari berikutnya.
  • Usahakan untuk meminum rendaman biji ketumbar sebelum makan atau sebelum minum apapun.

Cara Mencegah Keputihan Berlebih dan Gatal

Mencegah lebih baik daripada mengobati, begitulah ungkapan yang harusnya dilakukan oleh banyak wanita untuk mengatasi keputihan berlebih. Nah jika Anda merasa tidak ada permasalahan dalam keputihan, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui bagaimana cara mencegah keputihan berlebih dan gatal.

Cara Mencegah Keputihan Berlebih dan Gatal

  1. Gunakan celana dalam dengan bahan yang mudah menyerap keringat, sehingga bagian kewanitaan Anda tidak lembab dan basah. Beberapa bahan yang mudah menyerap keringat diantaranya adalah bahan katun.
  2. Gunakan sabun untuk membersihkan bagian kewanitaan Anda. Usahakan pilih sabun yang aman dan tidak menimbulkan efek samping
  3. Pastikan bagian kewanitaan selalu dalam kondisi yang kering.
  4. Kurangii konsumsi buah-buahan yang dapat menimbulkan keputihan berlebih, seperti buah nanas, mentimun, durian, dan lainnya.
  5. Ganti pembalut 2 – 3 kali sehari ketika dalam masa menstruasi. Sehingga darah menstruasi tidak menyebabkan bakteri dan rasa gatal.

Terima kasih sudah meluangkan waktu Anda untuk membaca 11 cara mengatasi keputihan berlebih dan gatal secara alami. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Efektif

11 Cara Mengatasi Keputihan Berlebih dan Gatal Secara Alami | Sekar Sehat | 4.5