Ketahui Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening dan Bahayanya

Kanker Kelenjar Getah Bening menjadi salah satu penyakit yang sangat ditakuti, karena memang penyakit ini dikategorikan sebagai penyakit yang mematikan. Terlebih lagi, beberapa waktu yang lalu artis terkenal di Indonesia, Olga Syahputra pernah didiagnosa mengidap penyakit kanker kelenjar getah bening sebelum ia meninggal. Oleh karena itu, Anda harus mewaspadai penyakit kanker getah bening ini.

Meskipun penyakit kanker kelenjar getah bening pada umumnya akan menyerang pria atau wanita yang sudah berusia lanjut yaitu diatas 60 tahun. Namun ada beberapa kasus juga yang pernah dialami oleh anak-anak maupun remaja yang terkena penyakit mematikan ini. Terlebih lagi, penyakit ini seringkali baru terdeteksi ketika sang penderita mengalami stadium 3 sampai 4. Sehingga banyak dari penderitanya yang kehilangan nyawa dikarenakan terlambat memberikan penanganan.

Apa itu Penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening?

Kanker kelenjar getah bening atau limfoma merupakan sel kanker yang menyerang sistem limfatik. Biasanya ia akan menyerang ketika kekebalan tubuh sedang mengalami penurunan. Padahal fungsi dari sistem limfatik pada seseorang, yaitu sebagai pelindung alami tubuh dari kanker. Berdasarkan jenisnya, kanker kelenjar getah bening juga terbagi menjadi 2 jenis. Yaitu Limfoma Hodgkin’s dan Limfoma Non Hodgkin’s.

Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

Untuk Limfoma hodgkin’s, adalah kanker yang awalnya akan ditandai dengan munculnya kelenjar getah bening yang tidak terasa sakit. Penyebabnya bisa dikarenakan bakteri dan virus. Dengan pembengkakan tersebut, akan menghambat produksi sel normal pada kelenjar getah bening. Dan sebaliknya, sel abnormal akan semakin berkembang sehingga akan menjadi sel kanker pada sistem limfoid.

Sedangkan untuk kanker kelenjar getah bening Limfoma Non Hodgkin’s, merupakan kanker kelenjar getah bening yang sudah semakin mengganas. Usia sangat mempengaruhi resiko terjadinya imfoma Non Hodgkin’s, sehingga pada umumnya akan mudah menyerang orang yang berusia diatas 60 tahun.

Ciri-ciri Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

Ciri-ciri dan gejala kanker kelenjar getah bening, memang pada umumnya tidaklah jauh berbeda. Sama halnya dengan gejala Limfoma Hodgkin’s dan Limfoma Non Hodgkin’s, yang juga tidak jauh berbeda. Berikut ini adalah gejala umum kelenjar getah bening yang harus Anda ketahui, sehingga Anda dapat memberikan penanganan khusus sebelum terlambat.

Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

  • Akan timbul benjolah di daerah sekitar ketiak dan leher. Lalu lama kelamaan akan semakin membengkak. Selain daerrah ketika dan leher, seringkali pembengkakan juga terjadi di daerah pangkal paha.
  • Berat badan mengalami penurunan yang sangat drastis, dikarenakan kanker pada sistem limfatik akan terus menggerogoti tubuh penderitanya,
  • Batuk dan dada sesak, dikarenakan sistem pernapasan yang mengalami penyempitan.
  • Cepat merasakan lelah yang berlebihan, dan biasanya rasa lelah akan berlangsung cukup lama.
  • Ada beberapa kasus kanker kelenjar getah bening yang membuat penderitanya mengalami demam tinggi tanpa diketahui penyebab yang pasti.
  • Nafsu makan berkurang. Biasanya terjadi di awal-awal gejala kanker kelenjar getah bening.

Bahaya Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker kelenjar getah bening sangat mungkin menjalar ke seluruh bagian tubuh, terutama yang memiliki kelenjar getah bening. Sedangkan fungsi kelenjar getah bening sendiri, adalah untuk mengatur mekanisme kekebalan tubuh manusia. Jadi dapat dipastikan kalau terjadi gangguan pada kelenjar getah bening, membuat kekebalan tubuh menjadi tidak bekerja dengan baik, dan akan lebih mudah terjangkit penyakit-penyakit lainnya.

Limfosit jahat yang ada pada penderita kanker kelenjar getah bening, cenderung akan merusak tubuh penderitanya. Selain itu, ini juga akan mudah menyebar ke bagian-bagian tubuh lainnya yang sangat vital, seperti darah dan juga sum-sum tulang.

Baca Juga : Penyebab Kenapa Kepala Sering Pusing

Tentunya dengan mengetahui ciri-ciri gejala kanker kelenjar getah bening dan juga bahaya dari kelenjar getah bening, akan membantu Anda mengurangi resiko meningkatnya stadium penyakit yang mematikan ini. Terima kasih sudah meluangkan waktu Anda untuk membaca informasi kanker kelenjar getah bening ini, dan semoga dapat bermanfaat.

Ketahui Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening dan Bahayanya | Sekar Sehat | 4.5